Yayasan Indonesian Care Beri Edukasi Terkait Stunting dan Pendampingan Kelurga di Pekojan



Jakarta, diteksi.com - Stunting adalah kondisi yang ditandai dengan kurangnya tinggi badan anak apabila dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Sederhananya, stunting merupakan sebutan bagi gangguan pertumbuhan pada anak. Penyebab utama dari stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak.

Total kasus stunting di seluruh wilayah Jakarta tahun 2023 yang berjumlah 22 ribu kasus, 9.000 ribu di antaranya sudah dituntaskan. Terkait dengan penanganan stunting dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus bersinergi melalui program "Jakarta Beraksi" dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam percepatan penurunan stunting.

Begitupula dengan Pemerintah Kelurahan Pekojan berkolaborasi dengan Yayasan Indonesian Care dan Dinas Kesehatan dalam penanganan stunting diwilayahnya. Upaya dilakukan berkesinambungan melalui pemerataan pemberian Pemberian Makanan Tambahan (PMT), vitamin untuk usia anak sekolah dan ibu hamil secara rutin.

Dan pada hari Jum'at (1/12/2023) Yayasan Indonesian Care menggelar pertemuan dengan para orangtua dari anak stunting dan para kader Posyandu se-Kelurahan Pekojan dalam rangka mengedukasi terkait penanganan stunting di Pondok Empati Yayasan Indonesian Care, Jalan Pekojan 2 No. 129C, RT 005 RW 06, Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora Jakarta Barat.

Acara yang bertajuk 'Anak Saya Susah Makan' itu sendiri dihadiri para orangtua Balita yang bermasalah dengan gizi dan stunting, juga para kader Posyandu dari 12 RW ae-Kelurahan Pekojan.

Tampil juga Roswita sebagai narasumber dan Esni sebagai pembicara dari Yayasan Indonesian Care serta relawan yang punya pengalaman mengalami kesulitan saat anaknya masih Balita, khususnya dalam pemberian makanan.

"Giat ini merupakan rangkaian giat kita yang berkesinambungan dalam penanganan stunting dan pendampingan keluarga diwilayah Kelurahan Pekojan. Dan kali ini kita mengedukasi para orangtua dari anak stunting dan bermasalah dengan gizinya," jelas Ratih selaku Kordinator Lapangan Yayasan Indonesian Care.

Masih Ratih, "Ini bertujuan agar mereka mengerti dan paham, apa penyebab dan bagaimana cara menanganinya. Agar kasus seperti ini bisa kita tekan dan tidak terjadi lagi," tutur Ratih.

Diana selaku Ketua RW 06 Kelurahan Pekojan merespon positif kegiatan ini.

"Saya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan edukasi seperti ini, harapan saya kasus stunting yang sudah menurun ini, bisa lebih ditekan hingga nol dan tidak terjadi lagi," harapnya. ( Dani/Red  )

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
ads banner