Perbarui Data Wilayah, Babinsa Datangi Kantor Desa

Sragen, diteksi.com | Sertu Heriyanto Babinsa Ds. Tegalombo Koramil 18/Kalijambe Kodim 0725/Sragen melaksanakan kegiatan pengumpulan data teritorial di Kantor Desa Tegalombo, Selasa (09/01/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Babinsa untuk mewujudkan ketahanan wilayah dan kemanunggalan TNI-Rakyat. Sertu Heriyanto menyatakan pengambilan data penduduk tahun 2024 pada bulan Januari ini bertujuan untuk melengkapi data teritorial.

"Dalam kegiatan kewilayahan ini, Babinsa tidak hanya fokus pada pengumpulan data, tetapi juga menjalin silaturahmi dengan Perangkat Desa. Hal ini bertujuan untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara Babinsa dan Perangkat Desa, sekaligus memahami perkembangan wilayah binaan," ujar Heriyanto.

Hariyanto juga menjelaskan dalam diskusi bersama Perangkat Desa, dibahas data geografi (Geo), demografi (Demo), dan Kondisi Sosial (Konsos). 

Data geografi mencakup kondisi wilayah, batas wilayah, serta lokasi yang berpotensi rawan bencana. Sementara data demografi mencakup informasi tentang penduduk, jumlah penduduk, dan perpindahan penduduk. Kondisi Sosial mencakup aspek komunitas, suku, budaya, dan agama.

"Pengumpulan data teritorial yang saya lakukan ini merupakan tugas dan tanggung jawab saya sebagai Babinsa, dengan tujuan mengetahui kondisi dan perkembangan wilayah binaan," tambahnya.

Diharapkan, melalui aktifitas seperti ini, kerjasama antara Babinsa dan Perangkat Desa semakin meningkat, berkontribusi pada menjaga keamanan dan ketentraman di masyarakat wilayah tersebut.

(Agus Kemplu)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
ads banner