Lala Komalawati Caleg Nasdem DPRD DKI Jakarta Dapil 9 dengan Nomor Urut 10, Siapa Sebenarnya Dia ?


Jakarta, diteksi.com - Lala Komalawati salahsatu peserta Legislatif DPRD DKI Jakarta dari Partai NasDem, Daerah Pemilihan (Dapil) 9, meliputi Kecamatan Tambora, Cengkareng dan Kalideres, dengan nomor urut 10, lahir di Bogor, Jawa Barat pada tanggal 1 Mei 1972.

Putri pertama dari tiga bersaudara dari pasangan Aka Tarsa bin Karyapi (Alm) dengan Nunung Toha, berasal dari keluarga sederhana, yang selalu mengedepankan kekeluargaan dalam segala hal.

Menikah dengan seorang keturunan Tionghoa, Thio Hong Bun, pada tahun 1998, yang kini sudah menjadi mualaf dan berganti nama M. Kusdarto Wiharja, dan memiliki dua orang anak.

Anak pertama Cindythia Putri lahir di Jakarta, 7 Januari 1999, dan anak kedua M. Dharmawangsa Putra lahir di Jakarta, pada 15 Mei 2005.

Sebagai seorang aktivis, dan terjun di dunia jurnalistik, aktif di beberapa organisasi diantaranya:

- Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Tambora Jakarta Barat dari Partai NasDem

- Sekertaris DPW Gerakan Restorasi dan Pedagang UMKM (GARPU) Jakarta Barat dari sayap NasDem

- Ketua Himpunan Pengusaha Mikro Kecil Indonesia (HIPMIKINDO) Jakarta Barat

- Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Forum Pimpinan Redaksi Nasional (FPRN) DKI Jakarta

- Corporate Communication Koperasi Bangkit Bela Negara (KBBN)

- Sekertaris Ikatan Penulis dan Jurnalis (IPJI) Jakarta Barat

- Pembina Persatuan Pedagang Wisata Kotu (PERWISTA) Jakarta

- Ketua Bidang Sosial Lembaga Kota Tua Hertage

- Bendahara Pokja Wartawan Kota Tua

- Ketua Bidang Sosial Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jakarta Barat (2021-2022)

- Sekertaris Direktur PT. Sanpak Unggul Bogor (1995-1997)

- Pemimpin Redaksi di beberapa media online, diantaranya:

Lala Komalawati Caleg DPRD DKI yang dicalonkan oleh Partai ini mengaku, keikutsertaannya untuk memenuhi keterwakilan wanita 30%.

Namun, ia juga berharap Partai benar-benar memberikan ruang kepada wanita sebagai peserta legislatif, bukan hanya sebagai pelengkap saja.

"Apalagi amanat Undang-undang Nomor 7 tahun 2017, sudah memerintahkan adanya peran wanita 30% dalam pencalonan peserta legislatif," singkat Lala, saat dikonfirmasi. Selasa (16/1/2024).

Lala juga pernah aktif sebagai wartawan di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Kiprahnya sebagai wartawan tak perlu diragukan lagi.

Ia sering mengangkat kasus-kasus yang membutuhkan keadilan untuk warga dan masyarakat. 

Sudah banyak pula warga yang bersaksi pernah dibantu olehnya, seperti masalah Pendidikan (KJP terputus, ijazah tertahan, beberapa program pendidikan dari Pemprov dan sebagainya), masalah Kesehatan (BPJS Kesehatan yang kesusahan diklaim, membantu warga dalam pengurusan di Rumah Sakit dan sebagainya), masalah UMKM, sampai masalah apapun yang terkendala di lingkungan warga masyarakat. 

Saat ditanya visi misinya sebagai peserta legislatif, Lala memaparkan, ingin mewujudkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta sebagai Lembaga Legislatif yang merakyat, transparan dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

"Mendukung pengembangan ekonomi kerakyatan, karena saya lebih fokus ke UMKM sebagai basis ketahanan nasional," jelas Lala, yang saat ini menjabat sebagai Sekertaris DPW Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM dari sayap Partai NasDem.

Selain itu kata Lala, ia juga ingin meningkatkan kualitas SDM, memperjuangkan Lembaga Pelatihan Kerja disetiap Kelurahan (Pelatihan Wirausaha), kemudahan perizinan untuk UMKM, dan melindungi anak-anak dibawah umur dari kekerasan pelecehan seksual.

"Masih banyak lagi, yah kita berdoa saja sambil berusaha dan berjuang untuk meraih apa yang kita inginkan," tutup Lala, sambil tersenyum. Rill/Red/SK

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
ads banner