KOKAM DKI Jakarta Ikut Serta Apel Akbar dalam Rangka Milad ke-8 Universitas Muhammadiyah Bandung


Bandung, diteksi.com | Dalam rangka memperingati milad ke-8 Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung), Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) DKI Jakarta ikut serta dalam Apel Akbar yang diselenggarakan di  Lapangan  Kampus UMBandung. Ahad (30/6/2024).

Tampak hadir pada Apel Akbar ini, diantaranya Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si., Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah sekaligus Panglima KOKAM Dzulfikar Ahmad Tawalla serta jajarannya, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.IK., M.SI., M.M., Ketua PWM Jawa Barat, Prof. Dr. Ahmad Dahlan, M.Ag., Rektor UM Bandung Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc., IPU, berbagai elemen Muhammadiyah, termasuk mahasiswa, dosen, serta tamu undangan dari berbagai wilayah, dan KOKAM se-Pulau Jawa. Kehadiran Kokam DKI Jakarta menambah semarak suasana dengan semangat solidaritas dan kebersamaan yang tinggi.

Diperkirakan ada sekitar 2140 pasukan KOKAM turut menghadiri Apel Akbar Nasional ini. Mereka berdatangan dari seluruh penjuru wilayah dan daerah Pulau Jawa, dari Banten hingga Jawa Timur. 

Panglima KOKAM, Dzulfikar Ahmad Tawalla menegaskan bahwa Apel Akbar KOKAM Nasional ini lebih istimewa dibandingkan Apel Akbar di Solo tahun lalu. Karena Apel kali ini kita hanya dalam 3 hari menyiapkan pasukan.

“Ini menunjukkan komitmen KOKAM yang tinggi terhadap apapun instruksi dari Ayahanda Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah,” ujar Dzulfikar. 

"Pertemuan ini mampu menggetarkan langit dan membawa optimisme didalam hati. Karena ia yakin sedari awal orang-orang yang bergabung dalam KOKAM adalah orang-orang yang istimewa. Kenapa istimewa? Karena pasukan yang berdiri dihadapan saya ada kesetiaan di hatinya dan dalam tindakannya ada konsistensi, pasukan yang setia dan berani,” lanjutnya. 

KOKAM dalam selalu menghadirkan kemanfaatan kepada masyarakat, juga memiliki rasa cinta, cintanya kepada Islam, bangsa, dan persyarikatan yang mampu menghadirkan rasa tanggung jawab terhadap umat dan organisasi Muhammadiyah.

“Dalam menjaga ketenangan dan kenyamanan umat, menjaga Marwah Muhammadiyah dan yang utama menjaga aset-aset amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah, termasuk menjaga UM Bandung yang merupakan salah satu aset berharga Muhammadiyah. Kalau besok ada yang mengganggu UM Bandung, ada ribuan orang yang menjaganya, maka mereka itu adalah pasukan KOKAM. Kalau hanya tersisa satu orang di dunia ini yang akan membela dan menjaga UM Bandung, kami pastikan itu adalah pasukan KOKAM,” tegasnya. 


Kemudian, Kapolda Jabar Akhmad Wiyagus turut mengapresiasi dan memberi dukungan atas penyelenggaraan Apel Akbar KOKAM di Kampus Universitas Muhammadiyah Bandung. 

Sementara itu, Prof. Herry Suhardiyanto Rektor UM Bandung mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan dukungan segenap anggota KOKAM dan para tamu undangan dalam Apel Akbar Nasional, menyongsong milad ke-8 Universitas Muhammadiyah Bandung ini. 

Apel Akbar ini adalah momentum yang sangat penting dalam memperkuat jiwa korsa, solidaritas, dan kesatuan di antara pasukan KOKAM. 

“Muhammadiyah, termasuk dalam hal ini KOKAM, memiliki peran strategis dalam menjaga dan mempertahankan nilai-nilai Islam di tengah masyarakat, juga aset dan kehormatan Muhammadiyah. Kekuatan dan semangat KOKAM harus selalu terjaga dan terpelihara dengan baik,” ungkapnya.

Pada momentum Apel Akbar Nasional ini, dilaksanakan juga Deklarasi dan Konsolidasi Gerakan Muhammadiyah, dipimpin oleh Didik Kusnanto, Sekretaris KOKAM Nasional. Deklarasi menyatakan kesediaan seluruh pasukan KOKAM untuk menjaga komitmen kepada Persyarikatan Muhammadiyah serta sigap menjaga aset-aset Muhammadiyah dengan ikhlas dan segenap jiwa korsa.

Usai Apel Akbar Kokam, Yuda Riyanto, ST. Komandan Wilayah KOKAM DKI Jakarta mengucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) DKI Jakarta atas kesanggupan dan kehadirannya dalam Apel Akbar yang diselenggarakan dalam rangka milad ke-8 Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung). 

"Kehadiran saudara-saudara sekalian tidak hanya memberikan semangat dan dukungan moral, tetapi juga mempererat tali silaturahmi dan kekompakan di antara kita," ucapnya.

"Kokam memiliki peran yang sangat vital dalam menjaga dan melindungi aset-aset amal usaha Muhammadiyah. Tugas mulia ini mencakup pengamanan fisik serta menjaga nama baik dan citra organisasi. Kehadiran KOKAM dalam setiap kegiatan Muhammadiyah, seperti Apel Akbar ini, menjadi bukti nyata dedikasi dan komitmen saudara-saudara dalam menjalankan amanah tersebut. Sebagai garda terdepan, KOKAM tidak hanya bertanggung jawab dalam aspek keamanan, tetapi juga turut serta dalam menginspirasi generasi muda Muhammadiyah untuk senantiasa berperan aktif dalam menjaga dan mengembangkan amal usaha Muhammadiyah. Kami yakin, dengan semangat kebersamaan dan kerja keras yang ditunjukkan oleh KOKAM DKI Jakarta, kita semua dapat mewujudkan visi dan misi Muhammadiyah yang lebih besar dan lebih baik," tuturnya. 

"Sekali lagi, kami sampaikan rasa terima kasih yang tulus atas kehadiran dan partisipasi aktif KOKAM DKI Jakarta. Semoga sinergi yang telah terjalin ini terus terjaga dan semakin kuat di masa mendatang. Mari bersama-sama kita jaga dan kembangkan amal usaha Muhammadiyah demi kemaslahatan umat dan bangsa," tutup Yuda.

(Tim Media KOKAM DKI Jakarta)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
ads banner